Selasa, 14 Juni 2022

Bandung Outing Class

 Selasa 14 Juni 2022, Kembali MTs PKP JIS mengadakan kegiatan Bandung Outing Class, ini merupakan salah satu program pembelajaran dengan tujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreativitas peserta didik MTs PKP JIS. Selain itu outing class juga merupakan metode belajar yang menyenangkan, mengajarkan kepada peserta didik untuk lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar.


Outing Class MTs PKP kali ini berkesempatan berkunjung ke 2 tempat wisata edukasi yakni 3D dan great Asia Afrika di Lembang Bandung. Kegiatan edukasi tidak hanya melakukan pembelajaran di luar melainkan juga diisi dengan acara bebas seperti permainan ringan yang tidak terlalu berat secara fisik, pikiran dan emosional, bersifat menyenangkan atau rekreasi di alam terbuka sebagai sarana hiburan untuk meningkatkan keakraban.

Pembelajaran outing class ini lebih bertujuan sebagai berikut:

  1. Mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan di luar, misalnya merawat tanaman di halaman sekolah, mengamati benda-benda yang ada di sekitar sekolah, bercerita di taman sekolah.
  2. Mengajak peserta jalan-jalan dan memberi tugas pada peserta didik untuk mengamati apa yang dilihatnya.
  3. Mengadakan pembelajaran di alam terbuka.

Selama proses pembelajaran outing class, Pendidik dan peserta didik lebih dapat membangun 'kedekatan', lebih fresh dan tentunya menyenangkan.

Materi yang diajarkan juga tetap fokus tujuan dan hasilnya sangat baik. Dengan setiap hari belajar di dalam ruang kelas selama bertahun-tahun sudah biasa, maka tidak ada salahnya kita memberikan sesuatu yang beda pada proses belajar dan pembelajaran.

**Iin sofiani

Manfaat pembelajaran outing class akan menambah pengetahuan dan kecintaan peserta didik terhadap alam sekitar, mengurangi kejenuhan dalam belajar sehingga mudah menerima informasi, menambah kepedulian tentang alam sekitar, meningkatkan kemampuan dalam bercerita, merangsang kreativitas, menambah pengetahuan guru dalam merencanakan strategi pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer