Kamis, 21 Agustus 2008

Kelas 8 Ledakan penduduk

Pertumbuhan penduduk di setiap negara akan berdampak pula terhadap pertumbuhan penduduk dunia secara keseluruhan. Menurut Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) yang menangani masalah kependudukan melaporkan bahwa pada tahun 2003 jumlah penduduk dunia 6,3 milyar. Sebagaimana tergambar dalam grafik perkembangan penduduk di bawah ini :

Berdasarkan grafik di atas perkembangan jumlah penduduk dunia yang sangat cepat ini akan menimbulkan ledakan penduduk.

Menurut Thomas Robert Malthus dalam Essay on the Principle of Population (1798), dikatakan bahwa “ penduduk bertambah menurut deret ukur dan bahan makanan bertambah menurut deret hitung ”. Dengan demikian pertumbuhan penduduk lebih cepat dari pada produksi makanan yang dibutuhkan. Jika hal ini terus menerus dibiarkan maka akan terjadi ledakan penduduk. Ledakan penduduk sebagai akibat pertumbuhan penduduk yang cepat seperti itu memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan sosial-ekonomi masyarakat dan hal inipun membuat pemerintah berusaha untuk mengatasinya ledakan penduduk tersebut.

a. Dampak Ledakan Penduduk antara lain :

  1. Jumlah pengangguran semakin meningkat
2. Kekurangan pangan yang menyebabkan kelaparan dan gizi rendah
3. Kebutuhan pendidik, kesehatan dan perumahan sukar diperoleh
4. Terjadinya polusi dan kerusakan lingkungan
5. Tingkat kemiskinan semakin meningkat 

b. Usaha mengatasi Ledakan Penduduk antara lain :
  1. Memperluas lapangan kerja melalui industrialisasi
2. Melaksanakan program Keluarga Berencana (KB)
3. Meningkatkan produksi pangan sesuai kebutuhan penduduk
4. Melaksanakan program transmigrasi
5. Menambah sarana pendidikan dan perumahan sederhana

1 komentar:

  1. saya setuju dengan dampak yang terjadi dengan adanya ledakan penduduk, dan saya mau menambahkan dalam usaha mengatasi ledakan penduduk, yakni program kb dilkukan secara berkelanjutan ( terus menerus) meskipun program tersebut sudah berhasil. dan sosialisasi tentang peranan dan fungsi program KB tersebut pada masyarakat luas. bukan hanya itu saja, dalam masalah pendidikan bukan sarana saja tapi juga prasarana. dan adanya pendidikan gratis bagi mereka yang kurang mampu agar mereka bisa mengerti dan memiliki wawasan yang luas dan pendidikan jangan terlalu mahal dan diberi bantuan. mungkin dengan begitu ledakan penduduk tidak akan sebesar sekarang.

    BalasHapus

Postingan Populer