Jumat, 11 Januari 2019

SEA-Teacher Project MTs PKP Guru Internasional (Indonesia-Filipina)

Alhamdulillah MTs PKP dipercaya menjadi sekolah yang bekerjasama dalam bidang pertukaran guru internasional. Pada saat ini sedang berlangsung kerjasama pembelajaran dikelas oleh guru dari negara lain.
Sebuah pengalaman menyenangkan yang akan didapat bagi siswa di MTs PKP.


SEA-Teacher Project atau juga biasa disebut dengan Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia, adalah sebuah program yang digawangi oleh SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) atau organisasi antar kementerian pendidikan negara-negara ASEAN yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari universitas yang ada di Asia Tenggara untuk memiliki pengalaman praktikum mengajar di sekolah-sekolah di negara-negara lain di Asia Tenggara.

Letter of Agreement (LoA) telah ditandatangani oleh Wakil Dekan 1, Ibu Dr. Sri Astuti, M.Pd dan telah mendapat persetujuan Ketua Program Studi Pendidikan Geografi, Bpk Dr. MB Ali Sya’ban, M.Pd sebagai bagian dari kerjasama meningkatkan hubungan internasional melalui pertukaran kegiatan magang PPL di luar negeri.

Teknis kegiatan ini antara lain;
1. Pihak UHAMKA dengan Universitas-Universitas Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina sepakat melakukan kerjasama pertukaran mahasiswa terkait program PPL selama 1 bulan.
2. Mahasiswa yang telah mendaftar / terpilih asal institusi masing-masing misal UHAMKA kemudian diatur oleh SEAMEO untuk ditentukan negara dan tempat PPL nya.
3. Masing-masing universitas berperan sebagai universitas pengirim (sending) dan penerima (host).
4. Sesuai dengan kesepakatan, pihak universitas penerima atau host diwajibkan sbb;
a) Menyediakan akomodasi (tempat tinggal/homestay/apartment/dormitory bagi mahasiswa yang akan PPL disana).
b) Menjemput kedatangan mahasiswa dan mengantarkan dari dan ke bandara.
c) Memberikan akses kepada mahasiswa tamu untuk melakukan PPL di sekolah mitra masing-masing kampus.

Manfaat dari kegiatan ini antara lain:
1. Mahasiswa Asing mendapat kesempatan dan pengalaman mengajar di luar negeri dengan kultur, suasana, dan sistem pendidikan yang berbeda.
2. Pihak Sekolah Mitra mendapatkan kesempatan jejaring internasional untuk menambah kerjasama dan reputasi institusi.

Kegiatan Teknis PPL di Sekolah Mitra:
1. Secara teknis, pihak FKIP UHAMKA mengijinkan dan menyerahkan detail kegiatan PPL Mahasiswa Asing kepada pihak Sekolah dengan berkordinasi ke Ketua Program Studi.
2. Secara garis besar, kegiatan PPL yang diharapkan selama 1 bulan Mahasiswa Asing jalani adalah; - School Observation - Curriculum /syllabus Analysis - Teaching Practicum
3. Pihak Sekolah diijinkan memberikan kesempatan dan keterlibatan lebih bagi mahasiswa Asing untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler / non akademik di sekolah.
4. Setelah Mahasiswa Asing melaksanakan kegiatan-kegiatan di sekolah (khususnya praktik mengajar (4-6 kali), pihak FKIP UHAMKA akan menguji PPL mahasiswa tersebut.

Berikut dibawah ini indikatornya; Criteria Percentage (%)
I. Content and Organization of Instruction  Knowledge of Subject Matter  Focus on Objective of the Lesson  Knowledge of How Students Learn  Assessment of Learning 40%
II. Strategies and Skills for Effective Instruction  Instructional Strategies  Communication Skills  Classroom Management  Time and Resource Management  Discipline 50%
III. Final Report 10% 

Website terkait: www.seameo.org/SEAMEOWeb

 Alokasi Mahasiswa Asing Sending Univ: BSU (Benguet State University) & CAPSU (Capiz State University)

1 Jenny G. Padeway BSU Secondary Education 4 th Social Studies MTS PKP JIS
2 Ma. Lourdes D. Heyres CAPSU Social Studies 4 th Social Science MTS PKP JIS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar