Jumat, 30 November 2018

Gambaran Umum Kurikulum Islamic Boarding School PKP

Sistem Pendidikan
Sistem pendidikan menjadi sangat penting dalam suatu lembaga pendidikan dalam kaitannya mencapai target yang diinginkan. Oleh karena itu, sistem pendidikan dalam Islamic Boarding School (PKP) menekankan dua  hal penting yaitu:
1.     Terkait metodologi pendidikan dan dan pengajaran Islam
2.     Terkait metode pelaksanaan pendidikan dan pengajaran kepada peserta didik.

Sistem pendidikan yang dilaksanakan berfokus pada tiga hal penting yaitu penguasaan bahasa Arab, Tahfidz al-Quran dan bahasa Inggris. Ketiga tujuan yang integral ini dimaksudkan untuk membentuk kepribadian santri berdasarkan nilai-nilai Quran dan ajaran Islam serta penguasaan kunci pengetahuan klasik dan modern dalam Islam yaitu bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai alat mendalami al-Quran dan ajaran Islam.
Dengan demikian diharapkan santri Boarding School PKP akan menjadi manusia muslim yang memiliki jiwa keislaman yang bertumpu pada nilai-nilai al-Quran dan Sunnah Rasul serta pengetahuan yang cukup mendalam sebagai dasar untuk pengembangan keislaman dimasa depan dalam memajukan masyarakat Islam. Adapun landasannya adalah Panca Jiwa santri yang menjadi dasar pendidikan para santri di banyak pesantren yaitu: Keikhlasan, Kesederhanaan, Berdikari, Ukhwah Islamiyah dan Kebebasan (dalam bingkai Islam).
Dalam pengembangannya, Islamic Boarding School PKP akan mengembangkan sistem asrama, dimana kehidupan masyarakat yang sederhana akan dibangun. Oleh karena itu, seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran seperti  kelompok olahraga, kesenian keterampilan, keilmuan, kepramukaan, organisasi santri serta segala sesuatu yang dibutuhkan seperti Bagian Kesehatan, Bagian Keamanan, Bagian Kesenian, Bagian Olahraga Koperasi Pelajar, Kantin, Koperasi Dapur dan lain sebagainya.
Selanjutnya, secara kurikulum terdapat beberapa pengelompokan seperti:
1.     Intra-Kurikuler: Dirasah Arabiyah (hal hal yang terkait dengan bahasa Arab atau ilmu-ilmu yang tercakup dalam bahasa Arab), Dirasah Islamiyah (ilmu-ilmu yang tercakup dalam studi Islam), Keguruan, Bahasa Inggris, Ilmu Pasti, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kewarganegaraan (keindonesiaan)
2.     Ko-Kurikuler: atau pengembangan diri dalam aspek kehidupan seperti Tahfids al Quran, Ibadah amaliyah sehari-hari, belajar tutorial), kajian kitab, pembinaan bahasa asing, pidato/diskusi tiga bahasa, penerbitan, seminar, dll.), Praktik dan Bimbingan (mengajar, etiket/sopan santun, dakwah).
3.     Ekstra Kurikuler meliputi Latihan dan praktik berorganisasi leadership, administrasi dan manajemen, kepramukaan, keterampilan, kesenian, kesehatan.

Adapun mata pelajaran yang akan dikembangkan terdiri dari dua katagori yaitu: 
1.     Kepesantrenan/Boarding School
Al-Qur’an (Tahfidz, Ilmu Tajwid, Ilmu Tafsir, Hifdlon, Tafsir), Al-Hadits (Mustholah Hadits, Shohih Bukhori, Bulughul Maram), Tauhid (Aqidah Ahlak), Syari’ah (Fiqh, Ushul Fiqh, Ilmu Mawaris, Masailul Fiqh), Bahasa Arab (Muhawarah, Nahu, Shorof, I’rob, Bayan, Badi, Ma’ani, Balaghoh, dan Mantiq), Tarikh Islam (Sejarah Islam), Mahfuzat (kata-kata mutiara para ulama), Muthala’ah bahasa Arab.

2.     Ilmu Pengetahuan Umum, Bahasa (Indonesia, Inggris), Matematika, PKN, Seni Budaya, Fisika, Kimia, Biologi, Sosiologi, Ilmu Pendidikan, Olah Raga,dan  Komputer.

Namun demikian,  mengingat  Islamic Boarding School PKP merupakan rintisan awal namun telah memiliki sekolah sebelumnya, maka rencana ini akan dilakukan bertahap sampai tahun 2025. Oleh karena itulah, karena fokus Boarding School ini pada tiga hal utama yaitu Tahfidz al Qur’an, bahasa Arab dan bahasa Inggris, maka perlu strategi pelaksanaannya dengan mempertimbangkan alokasi waktu yang tersedia.
Saat ini, waktu yang akan digunakan santri masih terikat dengan Full Day School sampai sore hari. Waktu santri sejak pulang sekolah menjelang dan bangun tidur di perkirakan delapan jam, dan belum termasuk libur. Apabila satu hari delapan jam dan 24 jam untuk hari libur, maka bagi pengurus asrama perlu menekankan pentingnya penguatan Qur’an, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Oleh karena itulah, dalam upaya untuk mencapai target menguatkan bahasa Qur’an, bahasa Arab dan bahasa Inggris di tahun pertama Boarding School, maka fokus penguatannya akan ditekankan pada tiga hal tersebut. Sementara untuk pelajaran agama Islam sudah termasuk di sekolah dan dipengajaran Quran dan bahasa Arab

3 komentar:

  1. Hai semua

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya berasal dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu anda semua kebenaran, setiap orang yang anda lihat pada catatan mereka di blog dan laman web ini adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi mangsa cerita mereka dan mereka telah merosakkan hidup saya.
    Saya tidak berada di sini untuk memberitahu anda kisah bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak wang kepada mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu anda SYARIKAT PINJAMAN sebenar dan sahajalah yang ALLAH hantar untuk mengubah hidup saya, mereka adalah SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL, mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen yang diiktiraf dan dibiayai oleh WORLD BANK.

    Mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen, mereka mempunyai syarat dan syarat pinjaman yang cukup besar, untuk menutup semua pinjaman mereka adalah berpatutan dan cepat dilupuskan tidak seperti syarikat palsu lain yang anda lihat di sini dalam talian yang akan mengambil wang anda tanpa mengeluarkan pinjaman anda,
    Tolong jangan tertipu oleh saksi yang mempunyai nombor dan whatsapp indonesia, mereka semua penipu, bagaimana syarikat individu boleh memberi pinjaman ?, itu harus menjadi pertanyaan pertama anda.

    Rakan-rakan saya di Asia, saya mohon agar anda mendengarkan saya ketika saya bersumpah kepada anda dengan nama Allah, bahawa saya mengatakan kepada anda semua kebenaran, Syarikat ALL GLOBAL GRANT LOAN, satu-satunya syarikat yang boleh dipercayai dan mereka akan memastikan anda menerima pinjaman anda setelah anda menyelesaikan proses pinjaman seperti yang diperlukan.
    Mengapa anda tidak menjadi antara berita baik ini dengan menghubungi mereka segera jika anda SANGAT MENARIK untuk meninggalkan perjuangan kewangan anda dan meningkatkan tahap kehidupan anda, berikut adalah EMAIL allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda bebas menghubungi saya di EMAIL fradesyriritia12@gmail.com saya untuk maklumat lebih lanjut, saya dengan senang hati akan mendengar anda berkongsi kisah kebahagiaan anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL kerana memberi saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Syarikat: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL
    syarikat: allglobalgrantloan@gmail.com.
    Whatsapp Syarikat: +1 (304) 997-4034
    E-mel saya: fradesyriritia12@gmail.com

    BalasHapus
  2. Selamat siang untuk seluruh WNI dan juga seluruh ASIA, nama saya Bu Nurliana Novi, mohon, saya ingin membagikan testimoni hidup saya di sini pada platform ini untuk semua WNI dan seluruh asia agar berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar telah mendukung saya melalui ibu. Ibu Elina yang baik hati

    Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saking nekadnya mendapatkan pinjaman, maka saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengenalkan saya kepada Bu Elina yang merupakan pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, maka teman saya tersebut meminta saya untuk melamar ke Bu Elina, maka saya pun memberanikan diri. dan menghubungi Nyonya Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disimpan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina yang telah membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapapun yang berminat untuk mendapatkan pinjaman agar dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman anda
    Ada perusahaan palsu online lainnya yang menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran ke ibu`` tolong hati-hati orang-orang ini oke

    Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada kalian semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa semoga Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup kalian. Satu lagi nama saya mrs nurliana novi, kalian dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut. melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  3. Halo semuanya

    Nama saya Ahamad Faudzi Abd dari MALAYSIA. Saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada hal baik yang bisa keluar dari transaksi online tetapi semua keraguan saya segera hilang dan hilang ketika teman saya pertama kali memperkenalkan saya ke perusahaan ALL GLOBAL HADIAH PINJAMAN, saya pikir itu akan tetap menjadi permainan curang yang sama, tetapi teman saya meyakinkan saya, dan saya juga melihat kesaksian orang lain, saya harus memaksakan diri untuk mengikuti semua proses, pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan, saya mendapat pinjaman RM 5.000.000 di rekening bank MUAMALAT saya Ketika saya diberitahu di telepon saya, saya tidak pernah percaya, ternyata saya bergegas ke bank untuk memastikan bahwa itu benar dan nyata, dan pinjaman itu ada di akun, saya menariknya tanpa komplikasi dan menginvestasikannya dalam bisnis saya Venture.

    Jika Anda menginginkan pinjaman hari ini untuk bisnis dan untuk memulai kehidupan, perusahaan, dan kontrak besar Anda, Silakan hubungi SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL di email mereka di bawah ini.
    Email ............. allglobalgrantloan@gmail.com

    Dan jika Anda menginginkan informasi yang benar dari saya, maka Anda dapat menghubungi saya di email pribadi saya (aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com)

    Saya adalah seorang PENGEMUDI TRUK biasa, tetapi sekarang saya memiliki TRUK dan saya menjadi pemasok besar, saya jamin semua bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dari PERUSAHAAN yang baik ini.

    PERUSAHAAN: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBALmail: allglobalgrantloan@gmail.com
    Telp ............. +1(301)971-4445
    e_mail .......... [aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com]

    BalasHapus

Postingan Populer