Jumat, 30 November 2018

Kompak, Sinergi dan Prestasi

Pengertian Kompak, Sinergi dan Prestasi menurut Ustadzah Kiki dan Wahyu

KIKI RIZKI DIAH PRATIWI, S.Ag
                                              ( Juara I Guru Berprestasi tahun 2018 )


Kompak, menurut Titta M. Habibi adalah kebersamaan dalam suatu kegiatan atau perilaku untuk mencapai suatu tujuan.

Suatu lembaga pendidikan dapat dikatakan kompak, manakala seluruh warga sekolah sanggup dan mau menjalankan visi misi yang telah dirumuskan oleh sekolah berdasarkan musyawarah. Saling percaya, saling bekerjasama dan berjuang bersama untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Sinergi adalah saling mengisi dan melengkapi perbedaan untuk mencapai hasil yang lebih  besar.
Dalam bidang akademik, keberhasilan seorang peserta didik tidak hanya sepenuhnya menjadi tanggung jawab pendidik atau sekolah. Lingkungan keluarga sebenarnya adalah lingkungan pertama dan utama yang dikenal oleh anak. Lingkungan keluarga merupakan peletak dasar pembentukan kepribadian anak, bahkan sampai jenjang dewasa keluarga tetap memiliki peran yang besar pengaruhnya terhadap anak meskipun anak memiliki lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar.
Lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat ini saling mempengaruhi dan saling bergantung satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, untuk menghasilkan sesuatu yang baik, maka ketiganya harus saling bersinergi, saling mendukung dan saling melengkapi sehingga dapat selaras dan sejalan.
Prestasi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah hasil yang telah dicapai, dilakukan, dan sebagainya.
Untuk mencapai hasil yang baik (prestasi) suatu lembaga pendidikan harus dapat kerjasama, saling percaya, berjuang  bersama (kompak) dan saling mendukung serta melengkapi (sinergi). Inilah kunci keberhasilan yang akan dicapai oleh suatu lembaga pendidikan.**

WAHYU NOGROHO (MTS)
                                            ( Juara III  Siswa Berprestasi tahun 2018 )

Menurut Saya Kompak bermakna persatuan segala Aspek dan bukan sekedar persatuan melainkan persatuan yang didalamnya terdapat tujuan bersama dan manfaat bersama.
Sinergi bermakna membangun dan memastikan hubungan kerjasama yang produktif serta kemitraan yang harmonis dan sinergi juga saling mengisi dan saling melengkapi perbedaan untuk mencapai hasil yang  lebih besar.
Prestasi  kita sebagai pelajar mari berkarya dan berlomba dalam meraih cita-cita, dengan mengukir prestasi dengan memanfaat pasilitas yang tersedia di Kampus PKP ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar